Cara Memasak Jengkol Agar Tidak Bau Dan Empuk

Cara Memasak Jengkol Agar Tidak Bau Dan Empuk  – Trik pertama untuk bisa memasak jengkol namun tidak bau, yakni saat awal membelinya harus pilih jengkol yang benar-benar kualitasnya masih segar dan tidak terlihat cacat. Atau sebaliknya lihat dulu tips dari kami berikut ini.

Resep Cara Memasak Jengkol Agar Tidak Bau dan Empuk

1. Merendam Jengkol

Untuk mendapatkan hasil terbaik baunya hilang, anda bisa merendam jengkolnya dengan menggunakan air es atau air yang sudah dingin. Selain itu, anda dapat juga merendamnya dengan menggunakan air kapur sirih. Rendam sayur jengkolnya selama semalaman, supaya bau-baunya benar-benar menghilang.

2. Rebus jengkol dengan bahan-bahan tertentu

Sesudah melakukan perendaman semalam, untuk bisa menetralisir bau yang menyengat maka anda bisa merebus jengkol bersamaan dengan bahan lain. Salah satu diantaranya yang dapat membantu menetralisir bau jengkol adalah daun jeruk purut. Caranya mudah kok, iris daun jeruk purutnya lalu anda masukan irisan daun jeruk purut tersebut pada rebusan jengkol.

Selain dengan daun jeruk purut, anda bisa merebus jengkol bersama dengan beberapa helai daun jambu biji. Selain menghilangkan bau menyengat jengkol, juga akan membuat jengkol cepat empuk serta lunak. Bila sudah dilakukan perebusan, anda sudah dapat membuang air bekas rebusannya.

3. Cara Simpel Mengatasi Bau Mulut Karena Sudah Makan Jengkol

Meskipun memasak sayur jengkol tadi sudah diolah agar rasa-rasa baunya hilang. Namun kadang masih tetapi tetap, ada saja akan meninggalkan bau pada mulut setelah mengkonsumsinya. Nah, sebagai antisipasi untuk mengatasi bau mulut yang tidak sedap, setelah nikmatnya mengkonsumsi jengkol bersama nasi putih dan sambal pedas. Maka solusi terakhirnya, anda bisa dengan mencoba meminum kopi hitan pahit cuman tanpa ditambahkan gula manis. Sebab dari aroma kopi yang begitu wangi tadilah, akan membuat sengatan bau jengkol pada mulut perlahan menghilang.

Jadi sambil enak makan jengkol, ditemani lauk yang lain dan satu piring nasi pulen. Kita pun tidak terlalu mengkhawatirkan bau yang menyengat. Karena, kadangkan diri kita juga perlu melakukan proses interaksi dengan orang lain. Apabila mulut yang sedang berbicara malah bau menyengat keluar khas jengkol, kepercayaan diri sepertinya rada sedikit menurun. Mendingan sih kalu sedang ngobrol sama teman deket, masuknya hanya becanda. Berbeda kalau akan bertemu orang penting.

Baca juga :

Demikian pembahasan kami mengenai Cara Memasak Jengkol Agar Menimbulak Bau Dan Empuk, sekian dan terimakasih. Sampai berjumpa lagi dikesempatan selanjutnya.

Advertisement
Cara Memasak Jengkol Agar Tidak Bau Dan Empuk | zaen soleh | 4.5